Menggunakan Jam Digital Modern untuk Masjid




Shalat lima waktu adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim. Melaksanakan sholat dengan tepat waktu lebih utama dari pada menunda waktu shalat. Saat ini banyak dipasang jam digital masjid untuk mengingatkan waktu sholat yang tepat. Dengan adanya jam ini, akan membantu jamaah dalam mengingat waktu sholat. Sehingga, adzan pun dikumandangkan pada waktu yang tepat. Hal ini akan membantu para jamaah untuk melaksanakan sholat lima waktu dengan tepat pada waktunya.

Manfaat Menggunakan Jam Digital


Masjid-masjid baik di kota maupun di desa banyak yang sudah menggunakan jam ini. Banyak keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan jam digital ini. Beberapa keuntungan yang didapatkan diantaranya akan dijelaskan sebagai berikut. Simak penjelasannya agar Anda mengetahui keunggulan jam digital di masjid ini.

  1. Keakuratan Waktu
Jam ini akan berbunyi ketika waktu sholat tiba. Cara kerjanya mungkin hampir sama dengan sistem alarm. Ia akan berbunyi setiap waktu sholat sebagai pertanda bahwa waktu shalat telah masuk. Pengaturan waktu yang ada pada jam digital masjid juga dapat di update secara otomatis. Jadi dapat mengikuti perubahan-perubahan waktu yang terjadi dalam setiap harinya.

  1. Fitur Canggih
Fitur yang ditawarkan oleh jam digital ini seperti adanya timer dan penunjuk waktu untuk setiap sholat lima waktu. timer yang ada dalam jam ini dapat mengatur jeda waktu antara adzan dan iqomah. Hal ini dapat berdampak positif pada pengaturan jamaah. Jamaah menjadi lebih tertib dan teratur saat akan sholat.  Mereka menjadi mengetahui berapa jeda waktu untuk melaksanakan sholat sunah.

  1. Cara Kerja Otomatis
Cara kerja jam yang canggih ini didukung dengan database yang digunakan untuk mengatur kerja jam digital ini. Database yang digunakan berasal dari data yang telah disesuaikan dengan jadwal waktu sholat di tempat tersebut. untuk mengaturnya hanya perlu dilakukan dengan mengoperasikan beberapa tombol. Selain mengatur waktu, jam ini juga mampu mengatur siapa imam untuk setiap waktu sholat.

  1. Banyak Variasi
Jam ini dapat disetting secara custom sesuai dengan kebutuhan masjid Anda. Anda dapat menyetting tulisan berjalan atau running text seperti nama masjid, jadwal imam sholat maupun khitobah dan sebagainya. Tampilan jam pun bisa disesuaikan dengan desain masjid di tempat Anda.

  1. Mudah di Setting
Setting jam digital ini mudah untuk dilakukan. Dengan memahami pengaturan data base maka setting dapat dilakukan dengan baik. Sebaiknya petugas masjid juga belajar tentang bagaimana acara setting jam digital ini. Hal ini dikarenakan agar ketika terjadi kerusakan dapat segera diatasi dengan mudah.

Itulah beberapa manfaat yang didapatkan dari penggunaan jam digital masjid. Menggunakan jam ini di masjid, akan membuat masjid lebih terkesan modern. Hal ini juga menguntungkan dari segi keakuratan waktu. settinglah jam secara benar agar kinerjanya maksimal. Waktu sholat pun menjadi lebih tepat. Jamaah lebih teratur dan tertib saat akan melaksanakan sholat berjamaah.

Cara Setting Jam Digital di Masjid


Setting jam digital masjid sedikit berbeda dengan jam pada umumnya. Hal ini dikarenakan berbagai fitur yang ditawarkan. Berbagai fitur canggih yang ditawarkan membuat jam ini memerlukan beberapa perlakuan. Beginilah cara menyetting jam digital untuk digunakan di masjid.

Tekanlah tombol menu yang terletak pada bagian atas atau samping jam tersebut. tombol up berfungsi untuk menambah kecepatan, sedangkan tombol down untuk mengurangi kecepatan atau memperlambat. Pengaturan terhadap jam ini memang dapat berubah otomatis namun tetap memerlukan perhatian. Hal ini dikarenakan terkadang jam ini dapat memperlambat atau mempercepat sendiri.

Aturlah beberapa pengaturan waktu yang dibutuhkan seperti jam, menit, hari, tanggal bulan dan tahun. Jam juga dapat di set untuk waktu on dan off yang dapat disesuaikan dengan jadwal. Perubahan waktu sholat dapat saja berubah hal ini dikarenakan berbagai hal. Pastikan bahwa setting database untuk jam digital ini sudah sesuai dengan database yang berlaku untuk kota Anda.

Harga Jam Digital untuk Masjid


Harga dari jam digital ini berbeda-beda, hal ini dipengaruhi oleh fitur yang ditawarkan. harga yang ditawarkan untuk jam ini sekitar 1 juta hingga 2 juta rupiah. Ada pula harga jam yang lebih mahal, pastinya harga sudah sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan. harga yang ditawarkan bisa berkisar 3 juta hingga 4 juta. Pastinya harga ini ditawarkan dengan kecanggihan yang berbeda.

Spesifikasi yang ditawarkan untuk beberapa jenis jam digital ini seperti box alluminium, pigura, kaca depan, dan display jam. Di dalamnya terdapat setting jam dan menit. Kalender dan running text pun turut ditawarkan dalam jam digital ini. backround untuk jam ini juga bisa diatur seperti menggunakan foto atau gambar lain. saat malah hari jam juga bisa on dan off secara otomatis, sehingga akan menghemat daya.

Itulah beberapa ulasan tentang jam digital yang digunakan untuk jam di masjid. Untuk mendapatkan salah satu dari jam digital tersebut Anda bisa membelinya di toko perlengkapan. Banyak pula penjual jam digital yang menjajakan dagangan jamnya secara online. Sehingga, semakin mudah bagi Anda untuk mendapatkan jam tersebut. Situs ini akan membantu Anda dalam memilih berbagai pilihan jam digital masjid yang ada. Pertimbangan sebelum memilih diperlukan, agar jam yang dibeli memang sesuai dengan kebutuhan yang ada di masjid tempat Anda. Segera miliki jam digital pada masjidmu. Alarm sholat pun menjadi teratur dengan baik.

No comments:

Post a Comment